[Foto Parodi] Ketika Obama dan Osama masih Akur


Ketika Obama dan Osama masih Akur berdua

Obama dan Osama memang dua tokoh yang menjadi sorotan utama di awal abad ini. Keduanya berperang demi jalan yang diyakininya benar. Seandainya apa yang terjadi seperti didalam foto ini benar. Dunia mungkin tidak akan kacau seperti saat ini. Inilah foto Obama dan Osama ketika mengobrol dan bermain billiard bersama

ps: Yup, sayangnya ini semua cuma joke -_-….

Remaja Bangkit dari Kubur, Ternyata Anak Hilang




Jajaran Polsek Metro Tanjungpriok, Jakarta Utara, berhasil mengidentifikasi bahwa remaja yang dihebohkan bangkit dari kubur setelah meninggal dua tahun lalu, ternyata hanyalah anak hilang. Remaja bernama Romdoni alias Dondon (25) ini sepintas memang mirip dengan Salim alias Sofian, yang telah meninggal sejak 2 tahun silam lantaran terserang penyakit tifus. Sejak lahir, ia sudah mengalami keterbelakangan mental atau idiot.

Kanit Reskrim Polsek Tanjungpriok, Iptu Mulyana mengungkapkan, sesaat setelah mengamankan Salim, ia didatangi oleh dua orang yang mengaku kakak dan paman Dondon. Mereka adalah Sri Miasih (35) dan Matsani (61). Keduanya mengetahui kabar Dondon setelah menyaksikan berita di televisi soal orang mati hidup kembali.

"Namun sebelum dipertemukan dengan Romdoni atau Dondon yang sebelumnya diduga sebagai Salim, dua orang ini menyebutkan ciri-ciri Romdoni. Antara lain bekas luka bakar di paha kanan, bekas luka di bibir, dan bekas luka di sikut kiri. Setelah dicek ternyata ciri-ciri yang disebutkan itu benar," ungkap Mulyana, Jumat (29/1).

Bahkan saat kedua orang yang mengaku kakak dan paman ini dipertemukan dengan Romdoni, mereka saling mengenal. Makanya disimpulkan bahwa mereka adalah keluarga Romdoni. Sehingga pihak kepolisian mengijinkan mereka untuk membawa Romdoni ke rumahnya di Kampung Bambu Apus Pamulang Ciputat Tangerang, tadi malam.

Dengan begitu, maka pihak kepolisian tidak perlu lagi melakukan test DNA maupun menggali kubur milik Salim, demi memastikan kebenaran kabar yang sempat menghebohkan pada Kamis (28/1) kemarin.

Sekadar diketahui, Romdoni alias Dondon adalah anak bungsu dari pasangan Muhammad Saibi dan Sa`ani. Kedua orangtuanya itu sudah meninggal. Ia juga sudah dua tahun menghilang.

Penuturan pamannya, lanjut Mulyana, Dondon memiliki kegemaran suka melompat naik jika melihat mobil bak terbuka. Mungkin karena kebiasaan itu, Dondon terbawa oleh mobil bak terbuka dan hilang selama dua tahun.

Sebelumnya Dondon sempat dititipkan di panti sosial oleh keluarganya di Kalideres, Jakarta Barat selama 3 bulan. Namun karena tak ada perkembangan, maka Dondon dibawa pulang ke rumah tahun 2008. Tak lama setelah itu, remaja tersebut menghilang.

Sementara, Bunyamin (70) dan Kasinah (69) orangtua Salim yang sebelumnya menganggap Dondon adalah anaknya yang sudah meninggal dua tahun lalu hidup kembali, terlihat pasrah. Ternyata remaja itu bukanlah Salim, akan tetapi anak hilang putra dari pasangan Muhammad Saibi dan Sa`ani.

“Ya, sebenarnya antara percaya dan tidak karena wajahnya mirip sekali. Tak hanya itu, tingkahnya pun sama. Bahkan dia mengetahui seluruh yang ada di rumah, baik itu kamar mandi, tempat tidur, dan sebagainya,” jelas Bunyamin.

Warga Jalan Sungai Tirem, RT 10/08, No 118, Papanggo, Tanjungpriok, Jakarta Utara ini mengaku sempat gembira dengan kemunculan sosok yang mirip Salim tersebut. “Kami cukup senang dengan kehadirannya yang telah mengobati kerinduan mereka. Meskipun sudah tahu, Salim meninggal dunia karena sakit tifus,” katanya.

sumber: http://beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=37295

18 Terowongan Paling Unik Di Dunia




1. Terowongan Laerdal

Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia

Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.

Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.


2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis

Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.

Mengapa Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash. setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam terowongan.


3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Lokasi : Zion Canyon, Utah

Latar Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.

Mengapa Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.


4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico

Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.

Mengapa Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.


5. Marmaray Tunnel
Lokasi : Istanbul, Turki

Background: Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya telah menunda penyelesaiannya.

Mengapa Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.


6. Thames Tunnel
Lokasi : London, Inggris

Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.

Mengapa Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.


7. Seikan Tunnel
Lokasi : Honshu, Japan

Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.

Mengapa Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.


8. Yerba Buena Island Tunnel
Lokasi : Bay Area, California

Latar Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.

Mengapa Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu jembatan besar.


9. Infiltration Tunnels
Lokasi : 38th Parallel DMZ

Latar Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.

Mengapa Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara dan Korea Selatan.


10. Natural Tunnel
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia

Latar Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu, ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.

Mengapa Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke delapan.


11. Eisenhower–Johnson Memorial Tunnel
Lokasi : Clear Creek County, Colorado

Latar Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan dengan panjang 1,67 mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di tengah-tengah Rockies. Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu jam dibandingkan rute alternatif melalui Loveland Pass.

Mengapa Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol, seperti dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu terowongan yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu adalah terowongan gunung terpanjang di AS. Menambah struktur's mistik adalah bahwa ia memotong di bawah Continental Divide, titik di mana badan-badan air yang mengalir ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang mengalir ke Atlantik.


12. Cheyenne Mountain Complex
Lokasi : El Paso County, Colorado

Latar Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan fitur mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di gunung.

Mengapa Unik : Karyawan di kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri terowongan sekitar 2000 kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan seberat 25-ton di sepanjang jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini dengan menembus batu granit padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun 1966. "Granit merupakan batu yang sangat keras," kata Hashash. "Untuk struktur pelindung itu sangat baik."



13. MailRail
Lokasi : London, Inggris

Latar Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.


Mengapa Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam, berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan. Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.



14. Tokyo Bay Aqua-Line

Lokasi : Kawasaki City, Jepang


Latar Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke 6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.

Mengapa Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka. Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi "kunang-kunang laut," bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di teluk.


15. PATH Tunnel System
Lokasi : Toronto, Canada

Latar Belakang : Kanada pada musim dingin bisa brutal, tapi tunel ini menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat besar dengan cepat dan hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto. Lebih dari 100.000 penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah serupa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.

Mengapa Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal, memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto membuat terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk faktor-faktor psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk kompleks ini, Hashash berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan kaki dengan keberadaan mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan sistem signage komprehensif untuk kompleks terowongan selama tahun 1990-an, dan setiap huruf di sesuaikan dengan warna dan merepresentasikan arah yang berbeda. Komuter berjalan melalui bagian merah dapat yakin mereka menuju selatan, sementara oranye akan menunjukkan bahwa mereka sedang berjalan ke barat.


16. Cu Chi Tunnels
Lokasi : Cu Chi, Vietnam

Latar Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar lebih dari 150 mil.

Mengapa Unik : Sistem terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi terowongan di Cu Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka melalui ruang sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi pusat komando bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan. Beberapa terowongan hanya beberapa meter, sementara yang lain telah diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.


17. Gotthard Base Tunnel
Lokasi : Erstfeld, Swiss

Latar Belakang : Jika terowongan ini sudah selesai dikerjakan, ini akan menjadi terowongan transportasi terpanjang dengan panjang lebih dari 35 kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas yang mudah, sehingga batas waktu untuk penyelesaian telah mundur beberapa tahun, dan biaya telah meningkat sebesar miliaran euro.

Mengapa Unik : Meskipun pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan Basis Gotthard akan tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk seluruh perjalanan. "Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah suatu pertimbangan penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan tinggi melalui terowongan," kata Hashash. Dan sementara biaya proyek telah meningkat, terowongan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan perdagangan antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan banyak negara Eropa lainnya.


18. Jiucyudong Tunnel
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan

Latar Belakang : Struktur buatan manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of Nine Turns, referensi ke gulungan naga cerita rakyat populer di Cina dan mitologi.

Mengapa Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah yang dikenal karena kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan. Selesai pada tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi marmer alam yang unik, batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan ancaman nyata-dan helm mungkin diperlukan untuk pelancong.

sumber: http://www.strov.co.cc/2010/01/18-terowongan-paling-unik-di-dunia.html

Karya Menakjubkan Dari Sampah



Patung Robot Dari Metal Bekas

Beruang Kutub dari Kantong Plastik


Gajah Sampah Kayu


Bekas Lensa Kacamata Jadi Unik

Botol Plastik dari Botol Plastik


Istana Botol Anggur


Bayangan Sampah



sumber: http://www.strov.co.cc/2010/01/karya-menakjubkan-dari-sampah.html

Orang Yang Pernah Hidup Di Terowongan Tikus



Inilah lubang kecil tempat keluar-masuk ke Terowongan Cu Chi. Tentara Amerika tak bisa memasukinya, karena terlalu kecil.


Cu Chi amat dibanggakan orang Vietnam. Terowongan tikus ini menjadi simbol kejayaan dan kemenangan mereka atas Perancis, Pemerintah Vietnam Selatan, juga Amerika Serikat.

Tak ada senjata hebat yang dimiliki Vietnam semasa perang. Kunci terbesar kemenangan mereka justru ada pada terowongan tersebut. Ini juga menjadi simbol frustrasi dan kekalahan Amerika dalam perang Vietnam.

Cu Chi merupakan nama terowongan bawah tanah yang digali orang Vietnam semasa perang. Terowongan itu awalnya dibuat pada masa penjajahan Perancis. Perancis sendiri mulai menjajah Vietnam pada 1859. Pada 1941, mereka sempat menyingkir karena diusir Jepang. Namun, setelah kekalahan Jepang, Perancis kembali lagi. Sementara itu, Viet Minh (gerakan kemerdekaan) pimpinan Ho Chi Minh sudah menguasai Vietnam Utara dan melakukan perlawanan.

Perang ini sampai 1954. Semasa itu, Perancis yang menguasai Vietnam Selatan melakukan kerja paksa. “Rakyat Vietnam seperti menghadapi buah simalakama. Menuruti kerja paksa akhirnya mati, menolak juga mati. Tapi, mereka sebagian besar akhirnya memilih menolak dan sembunyi. Maka, dibuatlah terowongan untuk bersembunyi dari Perancis dan kerja paksa,” ungkap Hung Tran yang ayahnya tentara Vietnam.


Sebuah rumah sakit kecil yang ada di bawah tanah di Terowongan Cu Chi

Setelah perang Viet Minh dan Perancis berakhir pada 1954, Amerika Serikat (AS) muncul. Mereka mendukung Perancis dan Pemerintah Vietnam Selatan yang republik. Maka, terowongan itu diperluas lagi oleh orang Vietnam, terutama yang prokomunis atau pemerintahan Vietnam Utara.

Perang lawan AS semakin panas. Terowongan itu pun terus diperpanjang sebagai markas dan benteng Vietnam pro-Hanoi (Viet Minh). Karena perang terus berlangsung, maka terowongan juga terus diperluas dan diperpanjang, terutama pada 1966-1968, sampai akhirnya mencapai 250 kilometer. Sungguh luar biasa. Apalagi, di dalamnya hidup sekitar 10.000 orang Vietnam, tentara, dan keluarganya. Sebab, hanya dengan demikian, mereka lebih aman dari kejaran AS.

Hebatnya, terowongan ini dibuat dengan cara manual, memakai alat-alat pertanian. Namun, hasilnya sangat luar biasa.

Terowongan ini tak hanya panjang, tetapi juga dirancang sangat bagus dan strategis. Berpusat di daerah Cu Chi, Hoj Non, sekitar 70 kilometer di luar Kota Ho Chi Minh (Saigon), Cu Chi memiliki tiga saf. Saf pertama bertinggi 3 meter, saf kedua 6 meter, dan saf ketiga 10 meter. Banyak area yang menjadi tempat tinggal. Untuk menghubungkannya, dibuat terowongan kecil yang hanya bisa dilewati secara jongkok oleh orang-orang kecil seperti orang Vietnam.


Sebuah tempat rapat di ruang bawah tanah Terowongan Cu Chi

Di terowongan ini terdapat rumah sakit untuk merawat yang sakit, dapur, tempat sekolah, juga tempat membuat senjata. Tentara, wanita, dan anak-anak hidup di sini selama perang lawan AS.

Jangan harap mudah menemukan tempat ini. Kalaupun bisa, paling hanya sebagian dan akan kehilangan bagian lainnya. Sebab, terowongan ini dibuat dengan pintu masuk amat kecil, hanya cukup untuk ukuran orang Vietnam yang kecil. Memang ada pintu-pintu cukup besar, tetapi sangat tersembunyi dan dijaga ketat.

“Setiap sektor di terowongan dipimpin oleh empat orang. Mereka hanya menguasai sektornya saja. Dengan demikian, jika tertangkap, mereka tak bisa menjelaskan bagian lainnya. Hanya para pimpinan yang tahu detail peta terowongan bawah tanah itu,” papar Hung.

Setiap ruang di terowongan itu juga hanya dihubungkan terowongan amat kecil. Hanya bisa dilewati dengan cara jongkok. Bagi orang Vietnam yang dulu kecil-kecil, ini amat mudah. Bagi tentara AS yang besar dan tinggi, mereka jelas kesulitan, bahkan tak bisa masuk.

AS amat kesulitan mencari dan mengatasi perlawanan Vietnam. Terowongan itu sering dibuat sampai ke bawah markas AS. Mereka muncul, senantiasa membuat teror. Oleh karena itu, tentara AS tak pernah dibuat aman.


Tempat benkel pembuatan senjata Vietkong di sekitar Terowongan Cu Chi.

Beberapa kali AS berusaha menemukan dan menghancurkan terowongan ini, tetapi tak pernah berhasil. Padahal, AS sampai mengeluarkan senjata-senjata berat berupa bom-bom besar.

“Terowongan ini dibuat dengan pertimbangan dan desain yang bagus. Mungkin AS bisa mengebom, tapi hanya bisa merusak lapisan atas. Lapisan lainnya tetap aman. Bahkan, AS pernah memasukkan zat kimia, tapi tetap saja gagal masuk ke bagian paling vital,” ungkap Hung.

Maka, AS tak pernah sukses melawan Vietnam. Bahkan, beberapa kali mereka terjebak oleh senjata-senjata rahasia Vietnam yang sederhana, tetapi berdampak besar. Bahkan, tank-tank AS pun sering bisa dilumpuhkan.

Selama AS berada di Vietnam, Vietkong (orang Vietnam yang membela Vietnam Utara pro kemerdekaan) berada di terowongan itu, terutama Vietkong yang berada di Vietnam Selatan. Terowongan ini menjadi basis perlawanan terhadap AS. Jadi, AS harus menghadapi Vietkong dari terowongan, juga dari Vietnam Utara.

Satu-satunya jalan agar selamat memang tetap tinggal di terowongan itu. Adapun makan-minum dan kebutuhan lain disuplai oleh para Vietkong yang menyamar. Selain itu, jika malam hari, sebagian keluar mencari makanan dan mencari senjata. Mereka juga punya tempat kerja untuk membuat senjata-senjata sederhana.

sumber: http://www.strov.co.cc/2010/01/orang-yang-pernah-hidup-di-terowongan.html

Foto Kecelakaan Mobil yang Aneh














sumber: http://www.zona-ketawa-kita.blogspot.com/2010/01/funny-most-bizarre-accidents-in-this.html