Inilah Foto-Foto Sedan Sport Mewah Pertama dari Lexus !

Pameran mobil ke-41 Tokyo Motor Show 2009 (TMS) menjadi saksi sejarah langkah serius Lexus dalam mengembangkan mobil. Dihadapan ribuan wartawan dari mancanegara diperkenalkan prototipe Lexus LFA. Kompas.com yang diundang PT Toyota Astra Motor (TAM) menyaksikan dari dekat peluncurannya dilakukan oleh CEO Toyota Motor Corp (TMC) yang meraungkan suara mesin dengan menekan pedal gas.

LFA tergolong sedan sport mewah pertama Lexus yang akan diproduksi pada akhir 2010 dengan jumlah terbatas, hanya 500 unit. Penampilan kendaraan eksotis di booth Lexus yang bersamaan dengan sedan hybrid LF-Ch mempertegas Lexus sebagai penghasil mobil bercita rasa tinggi.

Itu bisa kita lihat dari kendaraan yang sudah dilahirkannya, termasuk Lexus LS 600Hl dan RX 450h yang dipajang di TMS. Melalui produk-produk yang diperkenalkan dalam pameran ini, Presiden dan CEO TMC Akio Toyoda menyebutkan kalau Lexus begitu peduli terhadap konsumennya dengan memberi kenyamanan saat berkendara dan berada di depan dengan keuntungan teknologinya.

Lexus LFA sendiri sudah ditampilkan dalam bentuk konsep pada Detroit Motor Show 2005. Pengembangannya sejalan dengan tim F1 Toyota, sehingga mobil ini berani diklaim ultra-responsive dan kestabilannya begitu tinggi.

Dibekali mesin 4.8L V10 dengan gerak roda belakang, Lexus LFA merupakan kombinasi hasil yang tinggi, dipadu rancangan yang indah dan aerodinamikanya yang sempurna. Sehingga mempunyai karakteristik dengan putaran mesin yang tinggi.Bahkan kecepatan maksiumum bisa dicapai 325 km/jam.

Untuk menghentikan kecepatan setinggi itu, sistem penghenti laju, dilengkapi Carbon Ceramic material. Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh 3,7 detik.

Kehadirannya bakal menjadi ancaman bagi para pesaingnnya. Dari segi dimensi, panjang LFA 4.505 lebih pendek 5 inci dari Porsche 911, tapi sumbu roda yang 2.605 mm lebih panjang 9 inci dan mendekati kesamaan dengan Ferrari 430. Lebarnya pun sedikit beda sama Aston Martin DB9 dan Mercedes SL55.

Banyak kelebihan yang dimiliki Lexus LFA. Untuk dapur pacu menggunakan bahan gabungnan aluminium alloy, magnesium dengan titanium. Ukuran mesin lebih kecil dari konvensional V8.

Keunikan lain dari LFA, kabinnya 100 kg lebih ringan bila dikomparasi dengan berbahan aluminium. Ringannya kabin sedan excotic ini karena menggunakan bahan carbon fiber yanfg diperkuat dengan plastik (CFRP).

Soal harga, diperkirakan sekitar 37 juta yen. Wajar segitu lantaran mengusung teknologi tinggi.Konon, Indonesia sudah mendapat jatah dan ada peminatnya.



0 comments:

Poskan Komentar