Mobil dari Citroen yang bisa bergerak ke samping !!

Konsep Citroen CCrab merupakan hasil buah karya dari seorang Juha-Pekka Rautio yang berupa sebuah mobil masa depan dengan tenaga listrik. Desainnya yang mungil ini memang sengaja ditujukan untuk lalu lintas kota yang padat dan macet. Terlihat jelas dari namanya "CCrab" memang terinspirasi dari Mr Crab. maksud saya dari crab (Kepiting).
Karena terinspirasi dari kepiting, maka CCrab memiliki kemampuan unik kepiting yaitu mampu berjalan menyerong. Jadi bukan cuman potong bebek angsa saja yang bisa serong ke kiri serong ke kanan. Bagaimana ini bisa terjadi???

Penjelasannya sederhana. CCrab menggunakan roda khusus yang memiliki tenaga sendiri pada masing-masing rodanya. Hal ini sangat berbeda dengan sistem 2WD ataupun 4WD yang digunakan pada mobil-mobil masa kini. Yang saya tidak habis pikir adalah desain rodanya yang segi lima. Dengan roda yang bundar 360 derajat saja, kenyamanan berkendara masih harus dikontrol oleh suspensi berlebih, lalu bagaiman dengan roda yang tidak simetris ini????
Berdasarkan informasi yang berhasil saya himpun dari YankoDesign.com, tidak disebutkan bahwa desain segi lima tersebut merupakan sebuah roda atau hanya sebuah casing roda saja. Dugaan saya sendiri bentuk segi lima itu hanyalah sebuah casing roda. Namun jelas mustahil jika CCrab memang benar-benar bergerak seperti crab dengan menggunakan roda yang tidak menggelinding bukan???
 





sumber : http://abadduatiga.blogspot.com/2011/12/mobil-dari-citroen-yang-bisa-bergerak.html

0 comments:

Posting Komentar