Mengapa Wanita Cantik Pekerja Palang Merah ini Bisa Membeli Lamborghini?

Bekerja sebagai anggota palang merah yang mengumpulkan uang sumbangan dari masyarakat untuk membantu mereka yang kesusahan adalah pekerjaan resmi Guo Meimei. Lalu pertanyaannya, darimana ia mendapat uang untuk membeli Maserati dan Lamborghini?

Semenjak foto dirinya yang terlihat tengah berdiri di samping mobil mewah miliknya beredar di internet, publik di Cina menjadi riuh. Mereka heran darimana seorang wanita pekerja sosial mendapatkan uang sebanyak itu untuk membeli mobil-mobil dengan harga selangit.

Meimei, gadis 20 tahun itu berdalih dirinya mendapatkan uang banyak setelah menjadi model fotografi. Tapi keterkaitannya dengan organisasi palang merah di Cina telah menimbulkan banyak pertanyaan mengenai bagaimana organisasi tersebut mengurus uang donasi yang diterima dari masyarakat.

Kecurigaan ini tak terlepas dari kasus yang menjadi skandal pada bulan April lalu. Saat itu beredar foto yang menampilkan data bahwa jatah makan pekerja palang merah adalah senilai 9859 yuan atau 13 juta sekali makan.

Pihak auditor juga mengumumkan adanya lima ketidaksesuaian pada data laporan budget palang merah tahun 2010. Pengumuman ini membuat kredibilitas organisasi tersebut semakin merosot. Dan semakin banyak pula orang yang meyakini adanya kasus korupsi di badan organisasi yang seharusnya menjadi andalan utama mereka ketika terjadi kasus bencana alam di Cina.

Dengan semakin panasnya kasus ini bergulir, Meimei berusaha menghindari perhatian publik dengan mencoba pergi ke luar negeri, yang konon negara tujuannya adalah Australia. Tak lama setelah kabar ini beredar, pihak kedutaan Australia dibanjiri oleh email dan telepon dari orang-orang yang khawatir uang donasi mereka dibawa kabur oleh Meimei.

Para netter banyak yang mempercayai Meimei adalah kekasih dari Wang Jun, seorang petugas senior berumur 42 tahun yang mengorganisasikan proyek permintaan sumbangan untuk palang merah.

Dalam derasnya opini dan protes dari masyarakat, pihak palang merah akhirnya dipaksa untuk memecat Wang Jun. Mereka juga menolak keras memiliki kaitan dengan Meimei.

Sama seperti Indonesia, otoritas di Cina juga banyak sekali ditempa kasus korupsi. Namun tampaknya, kerjasama dan tindak nyata masyarakat kita masih perlu mencontoh publik di sana yang terkenal ganas dan mau bersatu ketika sebuah kasus korupsi menyeruak muncul.


sumber : http://www.idbite.com/artikel/584/mengapa-wanita-cantik-pekerja-palang-merah-ini-bisa-membeli-lamborghini-skandal

0 comments:

Posting Komentar